All About Fanfiction

 

ae

Holahalohai~

Sebelum gue mau sharing-sharing, gue mau bilang kalo nggak ada maksud menggurui atau apa pun. Gue di sini juga masih belajar karena gue masih pelajar *eh ya emang gitu sih 🙂

Jadi gini…

Gue mau bahas tentang Fanfiction dan semua definisi-definisinya. Tapi gue nggak sendirian. Gue di sini ditemenin anak dino yang kalo setiap jalan-jalan kayak anak kecil ilang, susah dipaksa minum susu tuh anak.

“Halooo~ malam malam malam.” *sambil ngelambai.

“Er… Kan yang baca ngga malem doang Yup.”

“Yaudah deh, aku pulang aja.” *sambil nunduk dan cemberut nih si Yupi, kayak gambar di atas. Paling kiri atas gituuu. Ah gue jadi ga tega

“Eh tunggu Yup, yaudah deh terserah kamu aja.” gue kan cowok yang ga bisa liat cewek sedih apalagi nangis. Kecuali kalo mbak kunthi ya gue bukan deketin tapi gue tinggalin lah

Pertama-tama dia mikir dulu kayak gambar paling kanan atas.

“Hmm… Aku ada stock eskrim nih satu kulkas. Wah iya, ada pizza juga satu lemari, kalo mau nemenin aku, ntar aku kasih deh.” gue bujuk nih buat lu pada deh, padahal gue kaga punya duit buat beli makanan sebanyak itu

Terus dia senyam senyum kek foto di bawah kiri. Dan ngangguk.

“Oke deh.”

“Huft… Dasar anak kecil.” gue gigit-gigit pipinya *eh ntar gue dituntut. Jadinya gue cubit-cubit aja gituuu. Hehe, mumpung gratis (dalam delusi~).

“Huftyup….” Dia ngeledek gue kayak foto paling kanan bawah, njerrr. Mau ngapain aja tetep luvchu bet.

Oke, lupakan delusi gue tentang permen. Kembali ke pembasmian *eh pembahasan.

 

Apa itu arti dari fanfiction?

Nah,disini kan sering banget tuh nge-share fanfiction, ff, fanfic dan sejenisnya. Kalian sudah pernah baca belum..?  Jika belum silahkan baca beberapa fanfic yang tersedia disini. Nah, kalian itu tau gak..?? apa sih, arti fanfic, fanfiction ff sebenarnya..??

Jika belum akan gue jelasin sedikit ilmu yang gue dapet dari mbah-mbah yang matinya hari kiamat alias Guugle dan juga beberapa referensi bacaan gue

FanFic itu singkatan dari fans fiction, adalah sebuah cerita fiksi yang dibuat oleh penggemar berdasarkan kisah, karakter atau setting yang sudah ada. Fanfic bisa berlaku untuk film , komik, novel, selebritis dan karakter terkenal lainnya. Terkadang sejumlah fanfic menyertakan penulisnya sebagai karakter cerita, ada pula yang tidak.

Karena fanfic hanya bayangan atau imajinasi seseorang, mungkin saja ada beberapa fans yang tidak suka atau mem-bash fanfic tersebut. Untuk mencegah hal itu, biasanya seorang penulis fanfic (author) memberikan peringatan atau kategori untuk fanfic tersebut. Misal Dont Like Dont Read atau juga peringatan yang lebih halus kayak. Cerita ini mengandung unsur kekerasan yang bisa mengganggu pembaca. Disarankan agar persiapkan mental dan sikis untuk menangkap jalannya cerita, nah, bisa juga gitu.

 

Sekarang kita bahas tentang definisi plot.

Plot sebuah Fanfic merupakan hasil imajinasi para fans. Konsep sederhana yang digunakan dalam menulis sebuah fanfic adalah “What if” atau “Bagaimana jika”. Dengan konsep itu fans bebas berimajinasi mengenai karakter kesayangan mereka atau idola mereka. Fanfic menjadi sebuah art-project yang menyenangkan bagi seorang fans disamping proyek lain seperti membuat wallpaper, scrap book, craft design, atau art work lainnya yang menyangkut idola atau karakter pujaannya.

Konsep “What If…” atau “Bagaimana jika…” memungkinkan pengembangan plot fanfic bisa berhubungan dengan kisah aslinya atau bahkan tidak berhubungan sama sekali. Konsep tersebut juga membebaskan para fans (penulis fanfic) untuk bereksperimen mengeksplorasi dan memodifikasi karakter yang sudah ada atau bahkan menggabungkan karakter dan plot dari beberapa kisah sekaligus. Konsep tersebut juga berlaku pada fanfic selebritis, yaitu fanfic yang ditulis dengan menggunakan karakter para selebritis atau orang terkenal.

Untuk menghindari tuntutan mengenai hak cipta, penulis fanfic biasanya mencantumkan kategori “fanfic” dalam tulisannya dan memberikan disclaimer, semacam pengakuan hak cipta, untuk penulis aslinya. Sedangkan untuk menghindari protes atau pertanyaan dari fans lain, biasanya para penulis fanfic selalu memberikan sedikit catatan-catatan “peringatan” atas variasi-variasi eksperimen yang dia gunakan dalam fanfic-nya.

“Kita bahas dan kupas lebih dalem lagi nih.”

“Wah! Makin menarik nih.” oke, dia senyum lagi. Oemji! Gue udah berapa kali masuk rumah sakit buat check up sampe rawat inap gegara mimisan liatin senyum kamu Yup >.<

“Hehe maaf-maaf. Terus gimana dong?” 🙂

“Yaudah gapapa gitu aja terus” gue ngambil kapas 1 pack kaga mempan. Gue akhirnya ngambil pembalut yang tahan lama :v bebas lembab lagi. Lebih panjang dan extra dry gitu wkwkwk. Oke, next!

Dari segi teknik penyajiannya, fanfic bisa dibagi beberapa macam, yaitu:

 

  • Drable, atau umumnya dikenal dengan istilah cerpen 100 kata. Panjang cerita sekitar 100 kata dan biasanya karakter atau setting yang dipakai tidak menyimpang dari cerita aslinya.

“Huhu… Kok pendek banget sih T.T”

“Ya mau gimana lagi Yup, tergantung ide dan imajinasi penulisnya.”

 

  • Shortshoot (cerpen). Format penyajiannya seperti cerpen, karakter atau setting yang dipakai tidak menyimpang dari pakem, masih berhubungan dari cerita, biasanya mengeksplorasi dari bagian-bagian cerita asli yang tidak terekspos.

 

“Nah, yang ini nih. Minimal bikin yang kaya gini yah~”

“Siap!”

 

  • Longshoot (cerbung). Sama seeprti cerpen, hanya berbeda dari segi jumlah kata. Sebuah longshoot bisa terdiri dari ribuan kata. Berpart-part, chapter, atau phase.

 

“Kalo bikin yang kek gini suka bikin penasaran. Ketagihan juga 😥 tapi gapapa deh. Aku malah seneng yang gak terduga gitu. Unexpected-unexpected kan seru hehe.” ya rab, dia ketawa aja bikin dag-dig-dug DUAR!!!

 

  • Songfic, adalah sebuah fanfic yang ditulis dengan menggunakan karakter, setting dan pakem cerita yang sudah ada, namun menggunakan plot lagu atau puisi sebagai pengembangannya.

 

“Kalo yang ini kesannya melow-melow gituuu.”

 

  • Alternate universe, yaitu fanfic yang ditulis berbeda dan tidak berhubungan dengan pakem aslinya.
  • Crossover, yaitu fanfic yang dibuat dengan menggabungkan dua cerita atau lebih.

 

“Bagus nih yang ini. Kalo kebetulan tokoh atau alurnya sama, bikin kerja sama aja sesama penulis.”

Mungkin dalam dunia menulis Indonesia, fanfic masih belum begitu dikenal. Namun di dunia tulis-menulis dunia maya dunia, fanfic memiliki komunitas penulis yang tidak kalah aktif dan antusias. Salah satu situs fanfic paling terkenal adalah http://www.fanfiction.com atau http://www.fanfiction.net  yang merupakan komunitas terbesar penulis fanfic dunia. Sejumlah komunitas-komunitas yang lebih kecil bisa dilihat dalam situs-situs blog macam www.wordpress.com, http://www.LiveJournal.com atau http://www.blogspot.com.

Definisi yang terkesan bersifat plagiarisme membuat fanfic tidak mungkin diterbitkan dalam dunia nyata. Itu sebabnya fanfic lebih berkembang dalam dunia maya dan tidak / jarang diperbukukan. Lagipula tidak semua pengarang mengijinkan karyanya dibuat fanfic. Anna Rice (pengarang novel Interview With The Vampire) adalah salah satu contoh yang secara tegas melarang siapapun yang menggunakan karakter dalam buku-bukunya untuk dibuat menjadi fanfic. Biasanya komunitas fanfic sudah mencantumkan nama-nama pengarang yang memberikan larangan semacam itu sehingga penulis fanfic tidak akan menggunakan karakter dalam cerita mereka.

Banyak yang menganggap fanfic bukan cerita yang orisinal. Namun sebenernya fanfic justru baik dipakai sebagai salah satu cara untuk mengembangkan kemampuan menulis, bener gak? Fans biasanya selalu bersemangat ketika mereka mengerjakan sebuah proyek yang berhubungan dengan idola mereka. Menulis fanfic akan membuat mereka menikmati kegiatan menulis.

Fanfic juga bagus digunakan sebagai media latihan menulis mereka yang ingin memperhalus gaya bahasa, memperdalam pemahaman karakter, mengembangkan plot dan memperbaiki cara penulisan. Setting dan karakter yang sudah tersedia memungkinkan penulisnya bisa lebih berfokus pada pengembangan tekhnik penulisan dan tekhnik bahasa yang mereka miliki.

 

Dalam sebuah fanfic ada banyak istilah, diantaranya adalah rating, jenis fanfic, genre, dan tak lupa pula istilah lainnya.

 

  1. Rating

Rating adalah pengkategorian atau klasifikasi tentang penggunaan bahasa, adegan cerita dan juga unsur-unsur lainnya. Rating yang biasa digunakan dalam sebuah fanfic adalah :

G = General (Umum, semua orang boleh membacanya)

PG-13 = Parent’s Guidance 13 (Bimbingan orang-tua, umur minimal pembacanya adalah 13 tahun)

PG-15 = Parent’s Guidance 15 (Bimbingan orang-tua, umur minimal pembacanya adalah 15 tahun)

NC-17 = No Child 17 (Pembaca dibawah umur 17 tahun dilarang keras untuk membacanya)

NC-21 = No Child 21 (Pembaca dibawah umur 21 tahun dilarang keras untuk membacanya)

R = Restricted (Terbatas)

T = Teenager (Remaja)

M = Mature (Dewasa)

 

  1. Jenis / Type Fanfiction

Fanfiction dibagi menjadi beberapa kategori karena panjang tulisannya. Kategori itu adalah:

  • Drabble -> Terdiri dari 100 – 200 kata. Drabble adalah jenis fanfic terpendek/sangat pendek.
  • Ficlet -> Lebih panjang dari drabble, kira-kira sekitar 500 – 800/900 kata.
  • Oneshot -> Oneshoot hampir menyerupai sebuah cerpen. Terdiri dari 2000 – 3000 kata. Biasanya sebuah cerita oneshoot akan langsung tamat.
  • Double shot / Two shots -> Cerita yang terdiri atas dua bagian (dua chapter).
  • Short story -> Cerita bersambung yang lebih sedikit daripada “Chaptered Fanfic”. Biasanya hanya terdiri dari 4 – 5 Chapter.
  • Songfic -> Cerita yang dituliskan/terinspirasi dari lagu. Jadi akan ada beberapa lirik lagu dialam cerita tersebut.
  • Chaptered / Series Fic -> Cerita bersambung yang hampir menyerupai novel. Biasanya akan lebih dari 10 chapter. Boleh memiliki lebih dari satu konflik.

 

 

  1. Genre

Genre adalah kategori untuk sebuah fanfic. Biasanya berisi tentang bagaimana isi fanfic tersebut.

  • Romance ~> Sebuah genre fanfict yang mengisahkan sebuah kisah romansa cinta.
  • Angst / Tragedy ~> Sebuah genre fanfict yang mengisahkan tentang sebuah tragedi.
  • Crack / Humor ~> Sebuah genre fanfict yang berisi tentang Comedy dan candaan yang bersifat menghibur.
  • Family ~> Sebuah genre fanfict yang mengisahkan tentang hubungan suatu keluarga.
  • Adventure (petualangan) ~> Sebuah genre fanfict yang mengisahkan petualangan dan pengalaman. Bisa pengalaman asli penulis atau hanya imajinasi belaka.
  • AU (Alternate Universe) ~> Sebuah genre fanfic yang memiliki latar dan setting yang sangat berbeda dengan aslinya. Contoh: Veranda adalah anggota Idol Grup JKT48, namun di sebuah fanfic ia di ceritakan sebagai seorang mahasiswa.
  • Mystery ~> Mengisahkan tentang misteri dari sebuah benda atau pun tempat. Biasanya merujuk pada legenda, tragedi, horror, atau pun trhiller
  • Dark ~> Sebuah genre fanfict yang berakhir sad-ending.
  • Friendship (persahabatan) ~> Genre fanfict yang mengisahkan hubungan (relationship)
  • Drama ~> Fanfict yang mengisahkan tentang kejadian nyata yang bersifat sosial atau lainnya.
  • Spiritual ~> Sebuah genre fanfict yang mengisahkan tentang kepercayaan atau perjalanan spiritual. Bisa juga menyangkut agama atau lainnya.
  • Married-life ~> Menceritakan tentang kehidupan sebuah pernikahan.
  • Urban-life ~> Menceritakan tentang gaya hidup, pekerjaan, dan kisah cinta di sebuah kota besar.
  • Friendzone ~> Menceritakan tentang persahabatan yang terjebak dalam cinta.
  • Parenthood ~> Menceritakan tentang hubungan orang-tua dan anak.
  • Unwished child ~> Biasanya menceritakan tentang kehidupan married by accident.
  • Sacrifical ~> Menceritakan tentang sebuah pengorbanan.
  • Death reaper ~> Menceritakan tenang malaikat pencabut nyawa, dan sebagainya.
  • Thriller ~> Fanfict yang mengisahkan tentang kejadian tragis seperti pembunuhan atau mutilasi. Dan bukan horror.
  • Vulnerable ~> Menceritakan tentang kerapuhan sebuah hubungan.
  • Love triangle ~> Menceritakan tentang kisah cinta segitiga.
  • Unseen people ~> Menceritakan tentang roh yang meninggalkan tubuhnya (49 Days)
  • Vampires ~> Mengisahkan tentang hubungan makhluk mitologi ras penghisap darah. Biasanya kisah peperangan, petualangan, atau kisah romansa percintaan berbeda ras.
  • Fashion fanfic ~> Menceritakan tentang kehidupan model dan orang-orang kalangan atas.
  • Memories ~> Biasanya menceritakan tentang sebuah flashback atau memori yang diceritakan kembali.
  • Legend ~> Biasanya bercerita tentang legenda suatu tempat atau pun benda.

 

  1. Istilah-istilah lain dalam sebuah Fanfiction
  • Author = Pencipta atau penulis fanfiction tersebut.
  • Disclaimer = Pernyataan untuk mendisclaim/mengklaim bahwa sesuatu dalam fanfic tersebut bukan orisinil milik penulis. Contohnya, tokoh, dan lain-lain.
  • POV = Point of View (sudut pandang).
  • OOC = Out of Character (diluar karakter).
  • OC = Original Character (tokoh ciptaan asli author / penulis).
  • a.k.a = As Known As.
  • Length = Panjang sebuah fanfiction. Biasanya adalah panjang halaman fanfic tersebut (contoh: 19 pages).
  • AR (Alternate Reality) = Kenyataan/fakta yang ada dalam sebuah fanfic tidak sesuai dengan kenyataan/fakta yang ada dalam cerita asli.
  • AT (Alternate Timeline) : Waktu/masa dalam cerita fanfic itu berbeda dengan waktu/masa pada cerita asli.
  • AH (All Human) : Fanfic dimana semua tokohnya adalah manusia, biasanya digunakan pada cerita bergenre fantasi yang tokohnya melibatkan roh, hantu, monster, dan lain sebagainya.
  • Adult Fic = Fic dewasa, berisi tentang adegan-adegan yang melibatkan $ex, kekerasan, penggunaan narkoba, dan hal-hal lain yang bersifat Mature.
  • Anti-Fic = Fic yang bersifat melecehkan atau menjatuhkan sebuah cerita atau tokoh dalam cerita asli.
  • Bashing = Menjelek-jelekan atau menjatuhkan seorang karakter dengan sengaja.
  • Beta Reader = Orang yang membaca fic tersebut sebelum fic itu dipublikasi, tugasnya adalah mengkoreksi dan memperbaiki fic tersebut, juga memberi kritik / saran kepada author sehingga fic itu menjadi lebih baik ketika dipublish nanti.
  • Beta Fic  = Fanfic yang masih dalam masa percobaan, masih mengandung banyak typo dan kesalahan.
  • Copy-Cat = Author yang membuat sebuah fanfic dari hasil mencontoh fanfic lain dengan melakukan sedikit perubahan tapi dengan ide dan plot yang sama.
  • Canon = Cerita asli dari anime / manga / buku / film / game tersebut.
  • Crack = Fanfic yang berisi sesuatu yang menyimpang atau tidak lazim/mustahil dalam cerita aslinya, misalnya pairingnya.
  • Cross-over = Cross-over adalah fanfic yang tokoh, tempat, setting, dll-nya bercampur antara cerita satu dengan cerita lain.
  • Cookie = Fic singkat yang biasanya kurang dari 1000 word (hampir sama dengan Drabbles).
  • Copyright = Copyright adalah hak cipta. Seorang author tidak memiliki hak dan harus menyertakan disclaimer atas tokoh asli cerita tersebut, ia hanya berhak atas tokoh OC dan ide ceritanya. Copyright tokoh asli cerita tersebut sepenuhnya diserahkan kepada pengarang / mangakanya.
  • Darkfic = Fanfic yang ceritanya menyedihkan, biasanya sad-ending.
  • Deathfic = Fanfic yang tokoh utama atau salah satu tokohnya mati dengan tragis.
  • cerita asli dalam fanfic itu adalah milik pengarang/mangakanya, bukan milik author.
  • ER (Established Romance) Fanfic di mana tokohnya telah menjalin hubungan sebelum cerita dimulai.
  • Explicit = Fanfic yang dengan jelas dan gamblang menggambarkan adegan (biasanya Sex) yang dilakuakan oleh tokoh.
  • Feedback = Saran, kritik, atau komentar reader dalam fanfic seorang author.
  • Flame = Sebuah komentar/review yang isinya hanya menjelek-jelekan sebuah fanfic, mengkritik dengan bahasa yang kasar.
  • Flamer : Orang yang menulis flame sebagai review.
  • Fluff : Fanfic yang pendek, namun ceritanya manis/menyenangkan dan happy-ending.
  • Gary-Stu / Versi pria dari Mary-Sue = adalah sebuah karakter buatan author yang biasanya menggambarkan khayalan author tentang bagaimana dirinya akan terlihat dalam dunia fanficnya (disebut juga OC).Kadang ada Gary-Stu yang bisa melakukan semua hal/ahli dalam semua hal, dia disebut ‘god-mode oc. Banyak reader yang tidak suka dengan kemunculan Gary Stu / Mary Sue karena mereka bisa terlalu berpengaruh dalam cerita, bahkan mengalahkan tokoh utama.
  • GenderSwitch = Fanfic dimana tokoh yang dalam cerita asli seorang laki-laki berubah jadi perempuan, akan ditambahkan kata ‘Fem!’ didepan nama tokoh tersebut, ex: Fem!Naru untuk Naruto versi wanita.
  • Gore = Fanfic yang berisi tentang pembunuhan berdarah, kesadisan, dll. Rate M.
  • GuestStar = Karakter tamu dari fandom lain, tidak seperti cross-over, hanya satu tokoh yang ditampilkan.
  • Het : Hetero fic, fic yang ‘waras’ dalam arti hubungan dilakukan oleh pria dan wanita. Sama dengan Straight.
  • IC (In Character) = Tokoh dalam fanfic digambarkan sifat dan karakteristiknya sama persis dengan tokoh yang ada di cerita asli.
  • Incest = Hubungan sex dengan saudara sedarah.
  • Junk Fic = Fic sampah, bisa merupakan sebuah fanfic yang isinya hanya menjelek-jelekan seorang karakter, menjelek-jelekan fandom tersebut, menjelek-jelekan fandom lain dll. intinya, fanfic yang tidak bermutu.
  • Lime / Lemon = Fanfic yang berisi adegan sex, lemon lebih eksplisit dari lime.
  • MPREG (Male Pregnancy) = Kehamilan laki-laki, biasanya pada fanfic YAOI (HOMO).
  • Mild-Language : Bahasa dalam fanfic tersebut agak kasar, namun masih bisa di toleransi atau terbilang masih dalam batas wajar.
  • OTP (One True Pairing) = Sebuah pairing utama yang mutlak atau satu-satunya dalam fanfic tersebut.
  • Plagiarism = Sama seperti Copy-Cat, tapi ini mengkalim milik orang lain sebagai miliknya.
  • Prefic = Prequel yang menceritakan cerita dalam sebuah fanfic sebelum cerita itu dimulai.
  • PWP (Plot? What Plot? or Porn without Plot) = Sebuah cerita yang hanya memiliki sedikit bahkan tidak ada plot. Bisa berupa cerita yang mengandung sex.
  • Review = Komentar, kritik, atau saran yang diberikan pembaca kepada author, review bisa berupa flame (menjelek-jelekkan).
  • RnR (Read and Review) = Permintaan seorang author agar ceritanya dibaca dan di review oleh reader.
  • Remix = Fic yang dibuat ulang, bisa oleh author itu sendiri, bisa oleh author lain (dengan seijin author pembuatnya tentu saja).
  • Slash = Pasangan yang ada dalam fanfic tersebut bukan straight, melainkan Yaoi atau Yuri (dibaca HOMO atau LESBIAN).
  • Smut = Fic yang berisi adegan sex, hampir sama seperti Lime / Lemon namun tidak eksplisit
  • Spoiler = Bocoran dari cerita asli.
  • TBC = To Be Continued atau Besambung.
  • Teaser = Sebuah potongan fanfic yang membuat orang tergoda / tertarik untuk membaca fic tersebut.
  • WIP (Work in Progress) = Fanfic yang masih dalam tahap pengerjaan.
  • WB (Writer Block) = Keadaan dimana seorang author kehabisan ide, dengan kata lain BUNTU atau STUCK.
  • Crossover -> artinya fanfic yang bersangkutan dibuat dengan mencampur plot dan karakter dari dua buah cerita atau lebih.
  • Yaoi = Pairing antara laki-laki dan laki-laki (baca: Gay).
  • Yuri = Pairing antara perempuan dan perempuan (baca: Lesbian).

 

“Hai… gimana-gimana tadi belajarnya?”

“Seru Yup, yang nemenin kamu sih” oke, gue ga jago-jago banget jadi gembel *eh maksud gue gombal.

“Moga bermanfaat ya 🙂 hehe. Biar kayak aku nih, semester kemarin dapet nilai A semua mata kuliahnya hehe.”

“Uwuwuwuw >.< wih keren! Haha semoga bermanfaat ya bro.”

“Aku pulang dulu, jangan pada kangen ya, hehe.”

“Ga kangen.”

“Yaudah… Bye-bye~”

 

Oke, segitu aja. Dan gue mau ngingetin lagi kalo ga ada maksud menggurui atau gimana-gimana ya. Kita sama-sama belajar aja 🙂 semoga bermanfaat ya gais. Sankyuuu for your attention.

Wah iya, mumpung ada kesempatan. Promote ff boleh ga nih? :v

Ga deh haha. Oke, jumpa lagi sama gue di hari Senin besok yak :v

@Rendyan_Aldo

 

Iklan

7 tanggapan untuk “All About Fanfiction

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s