Jangan Hiraukan Judulnya, Part 12

“deeek…bangun…lu gak kesekolah?”

“eem, gue demam, lu bikinin surat izin gue ya, hehe” pinta gue.

“aduuh, males ah…nyusahin banget lu dek”

“yaelah, tolongin gue dong, gue lemes.”

“terus, yang nganterin suratnya siapa?” kak Dhike nanya

“tenang, gue udah line Fikri, suruh dia dateng kesini” jawab gue enteng

“tumben, gak ke Acong.”

“dia gak bakal mau”

“serah lu deh ah.”

“makasih kakak akuwwwh”

“ihhh, alay lu!”

Seperti biasa, gue cengengesan.

30 menit kemudian, terdengar suara serak manggil nama gue dari luar rumah…tetangga, hehe ya rumah gue lah!. Eh..bener gak sih dirumah gue?… oh iya bener.

Suaranya mirip suara gagak. Gue yang tadinya tiduran lemes didepan TV jadi melek sekalian kaget.

‘gagak?, aduuh mau mati nih gue!’ pikir gue takut. Pasti tau dong, mitos yang beredar kalo denger suara gagak?.

Suara itu masih manggil gue. Bel pintu juga bunyi.

Tinong, tinong…
Ngapain coba malaikat maut mau nyabut nyawa minta izin dulu?, mencet bel lagi!, sekalian aja bawa sembako. Kebetulan kebutuhan bulanan rumah gue udah menipis.

“kebo,, keboo…..”

“iya, bentar…” gue coba jawab dengan santai. Tapi keliatannya ‘santai’ disini lebih mengarah ke bego deh.

Dengan remot TV yang gue tenteng layaknya bat baseball. Iya, soalnya gue gak punya benda begituan. Gue jalan mengendap ngendap ke pintu depan.

Satu hal bodoh yang terlintas di kepala gue. Kalo itu yang manggil gue malaikat maut, kenapa gue datengin?.  Kan sama aja artinya gue ngejemput ajal.

Pas gue buka pintu sekalian siap siap buat mukul makhluk yang ada dibalik pintu itu. Siapa tau kan, remote TV adalah… enggak ah takut takabur gue.

Pintu setengah terbuka. Suasana mendadak mencekam, musik horor terdengar, dada berdebar, tangan gemeteran, didekatnya hatiku dagdigdug. Apa sih ah?!. Petir muncul, JGEERRR, GOOOL,. Ini semua ngaco.

Tiba tiba dengan gerakan cepat, tangan makhluk itu bergerak cepet ke arah gue.
Reflek karna kaget, Remote yang gue pegang gue lempar dan mendarat tepat dijidatnya.

Gue harap sih gitu.

“AWWWW JIDAT GUE ANJJJIIIIING!!!” teriak itu makhluk kesakitan. Berarti sasaran gue tepat. Tapi, karna masih ketutupan setengah pintu, gue cuma bisa mikir ‘kok?’.
Itu makhluk masih kesakitan diluar. Dan begonya bukannya lari, gue malah ngumpet dibalik pintu. Cerdas banget gue. Kenapa gak sekalian gue kemping dibalik pintu?. Sial. Gue lupa bawa tenda.

Masih ketakutan, tiba tiba pintu rumah tedorong cepet kayak didobrak. Alhasil kepala gue juga kena hantam kayu berukuran…gue gak tau ukuran pintu rumah gue. Satu yang gue tau, kejedot pintu yang lagi didobrak itu setara dengan kelingking kaki kejedot kaki meja. Ngerti kan?. Nah itu.

Benjol? Pasti!.

Gue keluar dari tempat persembunyian mutakhir (dibaca : balik pintu) dengan kesakitan. Dan ternyata dugaan gue salah soal malaikat maut.

“LU NGAPAIN NYAMBIT GUE PAKE…PAKE APA ITU TADI?!,… REMOTE?!, SEHARUSNYA LU ITU BERSYUKUR, PAGI PAGI BUTA GUE MAU DATENG KE RUMAH ELU!, UDAH AH GUE MAU PULANG!!”. Omel dia dengan suara serak. Gak heran kalo gue kira itu suara gagak.
Kalian tau itu siapa?, itu Fikri. Udah gue jelasin belom sih?. Oke penjelasan dikit. Fikri adalah temen deket gue dari SD kelas 5. Sama seperti Acong, dia juga anak pengusaha ternama. Sekelas sama gue, pacar dari Hanna, pemberi solusi ngaco, maniak toilet, konon ada kabar burung ternyata dia adalah senior makhluk setengah manusia setengah bencong yang sering mangkal di lampu merah. (Yang terakhir gue juga belom yakin).

“eh eh jangan!, gitu aja marah, gue kan gak sengaja, lagian kenapa juga suara lu mirip gagak?, pake jaket item lagi” gue gak sebutin soal malaikat maut, takut dia kegeeran.

Fikri balik badan, emosi nya udah mulai reda gue rasa. “suara gue lagi kabur gak tau kemana, makanya suara gue gini” kata dia.

Gue mengangguk mengerti.

Hening.

“jadi… lu kesini ngapain?” tanya gue

Pleeetaak.

Kepala gue digetok (tor!, pala gue dari kemaren kena getok mulu nih. Sakit monyong!!)

“kan lu yang ngeline gue, nyuruh gue dateng!!!” jawab dia kembali emosi.

“iya yak, bener juga lu”

“emang iya”

Hening.

“sekarang lu mau ngapain?” tanya gue.

PLEETAAK. Kena gampar lagi.

Dengan menahan sakit, gue tereak. “bentar…… KAK!!!!, SURATNYA UDAH BELOM?” gue tereak sekuat tenaga.

“gak usah tereak, nih… eh Fikri, baru dateng?” sapa kak Dhike

“hai kak dhike, baru aja dateng kak, kak dhike apa kabar?hehe.” kata Fikri sambil cengengesan. Kayaknya dia mau ngegoda kakak gue, mana mau kakak gue digodain manusia yang mirip kelinci di kartun rabbits invasion. Usaha mu gagal nak. Ck ck ck.

“baik kok, yaudah kakak kedalem dulu ya” kata kak Dhike langsung jalan.

“yaah kak, gue gak ditanyain?,… kakak lu makin cakep aja, bisa dong gue jadi abang ipar lu, hehe”

“bisa kok, tapi tiap hari bakal gue kuras abis duit jajan lu” jawab gue santai.

“eeh yang bener lu? Gapapa deh” buseet nih anak. “yaudah lu mau gue ngapain kesini?” tanya Fikri

“anterin nih surat”

“surat apaan nih?”

“surat sakit.”

“wuuihh!! Persilangan anaconda sama ubur ubur ternyata bisa sakit!, emejing!!” kata Fikri kagum

“bego lu, yaudah sono, pergi lu!!, angkat kaki dari dunia ini!!” usir gue.

Gue kena sambit batu taman.

[author POV]

Pelajaran pertama, dimulai. Tapi suasana kelas hening, tidak seperti kemarin, yang heboh karna hanya 1 orang pengacau saja.

“kelas jadi sepi” batin Arif

“kebo sakit ya?” gumam Nadila.

Saat jam istirahat, keadaan kantin juga berjalan normal, tidak ada kericuhan sama sekali. Bukan hanya teman kebo yang merasakan, tapi seluruh siswa.

“eem cha, kamu tau rumah kebo gak?” tanya Nadila

“tau kok, kenapa?”

“nanti pulang sekolah kita jengukin dia yuk”

“oke deh, ajak temen-temen yang laen, biar makin rame” kata Acha.

“Ada apaan nih?” tanya Acong baru datang.

“Nadila mau ngajak jengukin kebo”

“ohh”

Seorang siswa kurus datang menghampiri Acong yang sedang menikmati makanannya.

“eh ada Acong” ucap Fariz baru datang “traktir gue dong, hehe”

“nggak ah, eh lu ntar mau ikut gak?” tanya Acong.

“ke dufan?”

“enggak… ke rumah kebo”

“wah waktunya gak pas, soalnya…biaya karangan bunga lagi mahal”

“buat apa?” tanya Acha.

“ngelayat kan?”

DUAAAK.

Sebuah pukulan mendarat mulus di dahi Fariz diikuti amarah Acha “BEGO LO!!”

“santai lah, gue becanda kok…iya ntar gue ikut…aduh sakit nih kepala gue” kata Fariz sambil mengusap dahinya yang membengkak.

Sepulang sekolah. Kini Nadila, Acha, dan teman kebo sudah ada didepan rumah kebo, sambil membawa bingkisan standar untum orang sakit.

Tinong tinong…

“deeeeek, bukain pintu!!”

“nggak ah, males lu aja, gue sibuk!” tolak kebo.

“dasar…mentang mentang sakit, banyak maunya lu” kata Dhike sambil membukakan pintu.

“iyyyyaaaa… cari siap…aa YAA?” Dhike kaget, karena orang yang datang sangat banyak.
‘bussset, ini pasti temen kebo nih, banyak amat, duuh mau gak mau gue harus nyiapin minum buat banyak orang nih’ batin Dhike

“eh, ada acha sama temen-temen, kamu pasti mau jengukin kebo ya?” sapa Dhike basa-basi

“iya nih kak, kebo nya ada kan?”

“ada tuuh dikamarnya, yuk masuk kakak anter”

‘sirop dikulkas cukup gak ya?, buat ni anak anak’ pikir Dhike cemas.

“eh kak, kita bawa bingkisan nih” ucap Nadila.

“oh iyaa, makasih ya”

‘waah , untung didalemnya ada sirop cadangan, tapi kenapa orang sakit dikasih sirop?’ pikir Dhike lagi.

[kebo’s POV]

Udah jadi kodrat alam kali ya?, kalo lagi gak ngapa-ngapain, bakalan cepet bosen. Makanya abis Fikri pergi tadi, gue langsung tiduran gak tau mau ngapain, yaudah gue putusin maen ps dikamar gue, tapi volume nya gue kecilin, biar gak ketauan. Cerdas?, pasti.

“dek,…” pintu dibuka pertanda musibah akan datang ke gue. Firasat gue mengatakan ini bakal lebih serem daripada kejadian tadi pagi. Musik tegang muncul entah darimana, dada gue berdebar lagi, keringat dingin mengalir, petir kembali menyambar. JGEEER, AHAAAAY, GOOOL, eh gak taunya ada bung Ahay yang jadi narator disebelah gue. Ngaco lagi. Gue jamin.

“… KEBO, KATANYA LU SAKIT, NGAPAIN LU MAEN PS?!! HAH?!!”

Nah kan.

Didepan pintu kamar gue udah ada algojo yang udah siap menggal kepala gue, sama juga ada Nadila, Acha, Acong, Fikri, Arif, Tio, Fariz, Hanna, dan Ikha.

“h..h..hai semua, apa kabar?” sapa gue sepik.

Jadi, hari itu temen temen gue, dirumah gue sampe sore. Umumnya temen gue pada kesel, karena bayangan mereka kalo gue sakit salah (apasih?). Kan udah gue bilang, ini kodrat alam.

“yoh bro, gue balik yak, banyakin sakitnya ya, biar kelas jadi tenang” kata Acong dan Fikri.

“haha, iya bangsat!, hati hati dijalan”

“bo, kita juga balik ya” kata Hanna dan Ikha

“kita juga balik” sekarang Tio dan Arif

“yaudah pada balik lu semua!” usir gue

“bo, aku sama Acha pulang duluan ya, udah sore, oh iya jangan lupa minum obatnya, sama jangan keseringan begadang, harus sering istirahat.” Kata Nadila

“noh, dengerin apa kata calon!” sergah Acha tiba-tiba. Ciee ‘sergah’. Bahasa apaan tuh?. Hehe.

“hah? Calon? Calon apaan?” tanya gue dongo sambil ngupil.

“bego lo -_-“

“yaudah aku pamit ya” kata Nadila bermuka merah.

“yeee, dadaah atiati dijalan, banyak aspal!” teriak gue.

Ngedenger itu, Acha langsung nyari batu, terus balik badan dan nyambit gue.

“bego lo!!”

Gue yang gak kena batu cuma bisa cengengesan.

Malamnya,

“deek!!, mama mau ketemuan sama temen lama mama, kamu mau ikut?” ajak nyokap gue

‘ketemuan?, kayaknya gue juga ada janji ketemuan deh’ pikir gue

Manusia pithecanthropus erectus belum akil balig ya gini, nginget aja lama.

“kamu ikut gak?, kak Dhike ikut lho”

‘ketemuan, ketemuan, ketemuan, gue harus ketemuan sama siapa??!, gue lupaa!!’ gue masih mikir.

“hei,, dek kamu ikut gak?” nyokap ngagetin gue

“eeh iya mah, ada apa?”

“kamu mau ikut gak?”

“nggak deh mah, aku juga mau ketemuan sama temen…iya, temen…iya temen kayaknya”

‘oh iya Robby!’ akhirnya gue inget.

“yaudah jangan macem-macem ntar.” Kalimat nyokap yang paling sering gue denger pun keluar.

“yaelah mah, kayak gak tau anak nya aje.naek mobil mobilan di timezone aja nangis, gimana mau macem-macem” celetuk kak Dhike dari luar.

Itu aib kan. Mobil mobilannya serem lho. Gerakannya maju mundur. Itu kan serem!!.

“Hahaha…yaudah, hati –hati ya, eh ngomong-ngomong kamu masih sakit?, kalo masih nggak usah kemana-kemana dulu, nanti tambah sakit” perhatian seorang ibu emang luar biasa.

“udah mendingan kok” jawab gue sambil senyum.

“yaudah, mama berangkat ya”

“iya mah, hati hati”

Tiba tiba gue keinget mobil mobilan timezone.

Sumpah, kalimat penghabisan part yang gak jelas banget.

Bersambung…

@dimasbodas

Iklan

2 tanggapan untuk “Jangan Hiraukan Judulnya, Part 12

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s