Jangan Hiraukan Judulnya, Part 8

 

“hehe dikit” jawab gue boong.

“itu semua bukan salah lu kok, itu takdir!, gak bisa diapa-apain lagi!” kak Dhike keliatannya kesel ngeliat gue. “gue gak mau lu, jadi kayak dulu lagi!” tambah dia.

Emang sih seminggu abis kejadian okta, gue jadi sering bengong, persis kayak orang sakaw narkoba, gue juga sempet kurus. Tapi berkat dukungan orang yang gue kenal, gue jadi balik lagi, kayak gue yang normal. Live young, fat, and free. Hehe. Thug life. Aaah, jadi pengen makan.

“lu harus move on, bo. Jangan liat kebelakang mulu, tatap hari depan ,find your light , Okta udah tenang disana, kalo lu terus begini, dia bakal sedih. Cewek kalo udah sedih, susah seneng lagi.” Kak Dhike akhirnya berhenti ceramah, tapi kalimat terakhir tadi bikin gue mikir.

Pagi itu gue berangkat sekolah gak pake vespa gue. Gue mau naek bus, sambil mikirin kata-kata kak Dhike tadi pagi, ya itung itung irit duit bensin. Sampe sekolah pun gue gak fokus merhatiin guru, sampe Nadila turun tangan.

“bo?”

“booo?”

“KEBOO!” dia teriak didepan telinga gue.

“eh iya, ngapain sih paw?, berisik!”

“kamu kenapa?, daritadi aku liatin kok bengong?” dia nanya dengan ekspresi khawatir.

“alah, gue diem, juga gak ada yang peduli” gue malingin muka gue keluar jendela.

“kata siapa?, liat sekeliling kamu sekarang!” kata pawpaw.

Saat gue liat, semua orang di kelas pada liat ke arah gue.

“apa?” gue bingung, semua pada ngeliatin gue.

“kamu seharian ini, gak bikin ulah, bahkan kamu dateng lebih cepet dari siapapun, terus pas aku dateng, kamu cuma bengong.” Nadila ngejelasin gue, apa yang gue lakuin dari pagi, sampee sekarang.

“Dimas, tumben kamu gak cari masalah di jam pelajaran saya?” tanya patak (masih inget kan?)

“sakaw kali pak!!” celetuk temen gue.

“nggak papa kok pak, saya izin ke toilet ya pak”.

 

[Author POV]

Setelah kebo, melangkah keluar, semua orang kembali memerhatikan pelajaran, kecuali Acong.

“ada yang gak beres nih. hmmm” batin acong.

Acong memang sudah berteman dengan kebo semenjak tk, Kebo, Acong dan Okta (abis pindah) bisa dibilang trio idiot di sd nya dulu, sampe kejadian yang merenggut salah satu teman bermainnya. Sekarang hanya tinggal Acong dan Kebo.

Teeeeteeet, bel istirahat berbunyi, tapi Kebo belum kembali dari toilet.

“baik anak-anak pelajaran selesai, kalian silakan istirahat, tapi Dimas tadi kemana?” tanya Patak

“kena lagi diare kali pak” Acong yang tau kemana kebo pergi, segera menyelamatkan kebo.

“oh gitu, kalo gitu selamat siang semua.”

“Cong, ke kantin yuk laper nih” rengek Acha.

“yaudah yuk”

“eh aku ikut dong” teriak seseorang. Itu Nadila. “sekalian ada yang mau aku tanya”.

Dikantin,

“si kebo, tadi kenapa ya?” tanya Nadila, ke pasangan didepannya.

Mendengar itu, “eh cha, aku ke toilet dulu ya, ada urusan bentar” kata Acong bohong.

“lah, kamu gak makan dulu?” tanya Acha.

“hehe gak deh, udah kebelet.”

 

Acong tidak menuju ke toilet, tapi ia menuju perpustakaan sekolah, dan berharap dugaan nya benar. Ternyata…

“COONG!!” teriak kebo

“oit?, lu dimana?!”

“lu keluar dulu deh!!”

“udah nih!, lu dimana?”

“diatas!!”

Acong pun mendongak keatas bangunan perpustakaan yang disengaja hanya disemen. Diatas ia melihat kebo yang sednag melambaikan tangan sambil tertawa.

“lu ngapain diatas?” tanya Acong.

“cerita nya panjang. Nah sekarang, lu tolongin gue dong”

“kenapa lagi?”

“tuuh” tunjuk kebo kearah tangga yang tergeletak dibawah.

Acong menatap malas dan berkata “idiot lo”

Mendengar itu kebo hanya bisa tertawa bodoh.

“gue tau lu gak ke toilet tadi” kata Acong.

“gue emang ke toilet kok, diare gue” jawab kebo yang masuk ke dalam perpustakaan.

‘anjiir kebohongan gue bener!, emejing!’ pikir Acong takjub.

 

Perpustakaan adalah ‘tempat nyaman’ kebo di sekolah, buat mikir, buat tidur, buat kabur dari guru.

“lu kepikiran okta lagi ya?” ucap Acong yang duduk disebelah kebo.

“ehh kampret lu, ngagetin!, kok lu tau gue disini?”

“reaksi lo telat tau gak!”

“oh iya, hehe”

“kenapa lu tau gue ada disini?” tanya kebo curiga

“yaelah, kita udah temenan dari tk, jadi gue tau semua tentang lu” kata Acong.

“sok tau lu!” kebo sewot, lalu bangkit hendak pergi.

“gue ulangin sekali lagi pertanyaan gue..”

Kebo berhenti melangkah.

“lu kepikiran Okta ya?” sambung Acong

Kebo kembali duduk. Kebo tau kalau ia cerita ke acong, mungkin ia menemukan solusinya.

“iya gue kepikiran dia, tapi gue malah lebih mikirin ucapan kakak gue tadi pagi”

“kak Dhike ngomong apa?” tanya Acong.

Kebo menjelaskan kejadian tadi subuh dari dia mengingat kembali ‘hari itu’ sampai kak Dhike menasehatinya.

“oh jadi gitu.” Jawab Acong singkat.

“gue bego ya?, gue udah disuruh jagain okta, tapi gue malah pergi maen, ninggalin okta sendirian dirumah tanpa pegawasan, gue bego banget.” Kebo tiba-tiba nangis.

Pleeetaaak…, sebuah tamparan mendarat di pipi kebo.

“EH BEGO!! ASAL LU TAU GUE JUGA SEDIH PAS NGEDENGER BERITA ITU, GUE JUGA GAK TAU APA YANG BAKAL GUE LAKUIN. OKTA JUGA SAHABAT GUE, SAMA KAYAK LU, TAPI DIA NGGAK DISINI LAGI, DIA UDAH NGGAK ADA. BENER KATA KAK DHIKE , LU HARUS SADAR BO, JANGAN JADI PARANOID, OKTA PASTI JUGA PASTI BAKALAN SEDIH KALO LU KAYAK DULU LAGI, PAHAM LU? DASAR CEMEN!!”

“hhaaaaaah” Acong menghela nafas berat. “sorry buat tadi, tapi kalo soal janji kalian bedua, gue yakin Okta juga pasti udah ngebatalin janji dia sama elu, dia mau lu bahagia, becanda, dan  ketawa sama orang yang lu kenal, mau itu temen lu, keluarga lu, atau pacar lu,lu ngerti kan?.” Acong kini memberi masukan, setelah amarahnya reda.

“yaudah coba lu pikirin deh kata kata gue tadi.” Kini acong mulai bangkit.

“dan jangan ngomong sama gue lagi, kalo lo masih kayak begini!, gue males.” Tambahnya.

 

Kebo’s POV

Abis, ditampar tadi, gue nggak langsung pergi, gue masih diem diperpus dulu, masih mikirin kata kata dari orang yang kenal gue banget, sekalian buat ngademin pipi gue yang panas kena gampar. Tuh kempret nampar nya, gak pake difilter tenanganya.

Sampai bel masuk bunyi, gue juga masih di perpus, 2 jam pelajaran gue lewatin, cuma buat mikir. Sekalian nahan boker.

“kayaknya emang bener deh, tapi…” gue masih bingung, jadi hari itu gue mutusin buat balik lebih cepet. Gue pake alesan kalo kucing gue mati. Gue emang jenius. Anehnya, guru percaya dengan alasan gue. Kereen.

Dijalan, gue mutusin buat ke kuburan Okta dulu, gue tau itu agak jauh, tapi mungkin gue bakal tenang kalo udah nyampe sana.

Disana, gue nyampe didepan kuburan Okta. Gue bacain doa terus gue diem lama, ngelanjutin mikir tadi.

“keliatanya emang bener deh..” akhirnya gue nemuin titit (eh?) titik terang, Okta pasti bakal sedih kalo gue kayak gini terus, gue harus ngeliat ke depan mulai sekarang, didorong sama  pelajaran yang gue dapet dibelakang.

Gue senyum. Akhirnya senyum gue balik lagi, daritadi pagi, gue diem-dieman mulu. Kayaknya masalah sekarang lebih cepet selesainya.

“ta, kayaknya gue bisa ngeliat ke depan sekarang, gue bakal jagain elu tetep dihati gue, gue gak bakal bikin lu sedih sama khawatir lagi.” Batin gue. Akhirnya gue pulang dengan perasaan lega, tapi dirumah…

“Dimas, kok kamu pulang cepet?, kamu bolos ya?” gue udah disuguhi berbagai pertanyaan dari orang tua gue. Gue cuma bisa ketawa. Dan gue liat kak Dhike malah senyum liat gue.

“kenapa lu ketawa?, seneng lu gue kena introgasi?.” Tanya gue

Dia senyum lagi.

“sukur deh, lu udah sadar.”dia cuma ngomong itu.

Gue bingung, kenapa dia ngomong gitu. Karna males mikir lagi gue milih tidur aja, buat orang ber otak udang kayak gue, mikir berat udah kayak dijejelin soal relativitas atom. Bikin otak gue tereak minta tolong. Emang pernah?. Bodo ah, mending tidur.

 

Bersambung….

 

@dimasbodas

Iklan

3 tanggapan untuk “Jangan Hiraukan Judulnya, Part 8

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s